PART 2: Film Yang Berakhir Ngenes [SPOILER]

Setelah semua netizen sebal dengan kehadiran Hari Untuk Amanda yang mengguncang batin para jomblo di part 1, gue akan kembali memberikan daftar film-film percintaan dengan akhir yang asem dan membuat klean semua mempertanyakan eksitensi cinta yang absurd dan kadang bikin hati ngebatin.

Anyways, makin percaya cinta itu bukan buat semua orang enggak sih?

Screen Shot 2018-02-28 at 5.39.58 PM

Mari kita mulai saja pengajian patah hatinya…. 

Hello Stranger (2010)

Butuh dua tahun buat gue untuk bisa move on dari film Hello Stranger. Semenyakitkan itu menonton film Thailand satu ini dengan ending yang bisa meremuk redamkan seluruh harapan di hidup gue yang fana kala itu. Rasa-rasanya saat film tersebut dibuat gantung di akhir dan layar menjadi gelap, gue seperti bisa merasakan perihnya luka saat ditinggal orang yang lagi disayang-sayangnya.

Dikisahkan dua orang yang tadinya tidak mengenal satu sama lain bertemu secara tidak sengaja saat berlibur di Korea. Yaitu May (si perempuan) dan Dong (si cowok). Dua nama itu bukan nama asli mereka, karena dari awal mereka sudah berjanji untuk tidak memberitahukan nama masing-masing. Tujuannya sih biar mereka enggak baper dan seru-seruan aja. Hemm, padahal mah…

Pertemuan mereka di Korea ternyata membawa banyak perubahan pada diri mereka. Baik May dan Dong akhirnya berani jujur dengan masalah yang menggerogoti mereka selama ini. Mereka menghadapi dan menyelesaikan semuanya bersama-sama. Namun sayangnya ada satu hal yang tidak terselesaikan, perasaan mereka sendiri.

Masalah yang terjadi di film ini sebenarnya adalah tentang ekspektasi satu sama lain. May dan Dong adalah dua orang yang sedang patah hati, berlibur bersama, merasakan kenyamanan, dan terburu-buru untuk saling memiliki.

Saat janji manis prematur mereka dikhotbahkan sekembalinya nanti ke Thailand demi meniti kebahagian bersama. Tanpa aba-aba badai besar pun datang menerpa mereka dalam bentuk seseorang dari masa lalu Dhong. Dhong pun dengan bangsatnya memilih ke pangkuan masa lalunya dan meninggalkan si May yang harus memunguti sekali lagi hatinya yang berkeping-keping karena cinta. (CIH, MAKAN TUH CINTA!)

Seperti kata-kata bijak Bunda Dorce: Manusia boleh berencana, Tuhan juga yang menentukan.

Dan pada akhirnya mereka pun berpisah sesampainya pulang ke Thailand, melupakan segala kenangan manis mereka berdua di belakang.

hello_stranger

Mengapa Film Ini Begitu Relatable:

Siapa sih yang enggak pernah terjebak dengan summer fling. Saat elo menemukan sosok baru yang meskipun ia menyebalkan namun bisa ngebuat merasa nyaman dan sialnya… bahagia.

Lalu setelah summer atau liburan itu usai, perasaan elo masih ada, diam-diam elo berharap bahwa dia masih ngeliat elo sebagai orang asing yang asik dari liburan kemarin.

Elo menginginkan dirinya lebih dari apa pun. Namun, elo pun bertanya-tanya: Apakah ia merasakan hal yang sama?

Duh konsep rasa sakit dari penolakan atas sesuatu yang hampir dimiliki namun akhirnya terhempas, adalah jenis sakit hati yang tiada duanya di pasaran loh. Thanks buat film Thailand ini yang benar-benar merayakan perasaan sakit tersebut.

tumblr_lm5b1w87k21qe7vgl

Adegan Paling Ngehek:

Tentu saja saat si Dong dan May mau pulang ke bandara namun di jalan bertemu mantan tunangannya si Dong. Memang lah perih cinta tiada dua, hanya beberapa menit  May mengenggam kebahagian dan melihat gambaran manis akan kehidupannya bersama Dong, paginya ia harus melihat Dong meninggalkannya.

SI DONG FUCKING BALIKAN LAGI SAMA MANTANNYA DI DEPAN MATA SI MAY.

HEBATNYA, MAY BISA SENYUM SELOW GITU. Kalau aing jadi dia, udah kejang-kejang macam Bu Dendy sambil lempar-lempar duit ke muka si Dong. Sambil teriak, MAKAN TUH JANJI-JANJI LO!

Memang anjink cowoknya, udah dia yang bilang suka, dia juga yang ninggalin.

Tapi gue puas banget sama cerita di ending film ini. Mampus kan si Dong kesiksa sendiri buat nyoba nyari si May dengan segenap hati.

Sampai dong dia beli ratusan cd film Thailand demi mencari nama asli si May yang katanya dulu pernah jadi figuran di sebuah film. RASAIN! Meski ngana cakep bukan berarti kamu boleh brengsek.

Quotes Paling Anzeenk!

Some people meet once, feel like know them for a long time.

You Are The Apple of My Heart (2011)

the-apple-of-my-eye3

Wadaw, bahas film ini harus siap-siap terseok-seok ke kubangan memori masa SMA dulu. Masa di mana semua terasa sederhana tanpa pretensi apa pun. You just fell in love and you enjoyed it.

Film coming of age dari Taiwan ini tidak hanya menghadirkan tawa, hangatnya persahabatan, namun juga lobang kesepian yang begitu dalam setelahnya.

Ko Ching-Teng adalah seorang bocah laki-laki kebanyakan di zaman SMA. Yang bengal dan suka melawan. Dan Shen Chia-yi adalah kebalikan dari segala hal yang ada dalam hidupnya.

Ketebak lah ya dari sana kita bisa lihat bahwa pelan-pelan cinta pun tumbuh di tengah-tengah mereka.

Lihat mereka berdua tuh kayak ngeliat temen yang kita tahu banget sejarah pacarannya dari masa PDKT, jadian, sampai putus.

Kita menjadi saksi bagaimana perasaan mereka tumbuh dan teruji. Meskipun pada akhirnya mereka tidak memiliki satu sama lain.

Mengapa Film Ini Begitu Relatable:

Karena tidak ada yang lebih menyakitkan daripada merelakan seseorang yang sama-sama kita tahu bahwa you and that person are insanely perfect for each other. Tidak akan ada orang lain lagi yang bisa memahami elo atau pun dirinya kalau bukan kalian berdua.

Dan elo ngelepas orang tersebut bukan karena elo udah bete sama dia. Tapi karena elo pengen ngeliat dia bahagia aja. (ini ngetiknya sambil mewek).

tumblr_myqglkSFnr1rhpc16o7_r1_400

Adegan Paling Ngehek dan Quotesnya Anzeknya sama deh:

99a52bf4d58c8554564ad1a759e25dcf

Adegan pas mereka berdua berantem terus ada jeda lama, kemudian ada gempa yang mengguncang di Taiwan. Orang pertama yang di telfon Ching Theng adalah Shen Chia-yi, buat gue remuk banget.

Mereka pada akhirnya bisa membahas masa lalu sambil tertawa dan lebih jujur akan perasaan masing-masing. Dan saat mereka membahas tentang dunia pararel yang di mana konsep akan diri mereka menjadi pasangan dan mereka pun iri dengan fakta tersebut adalah percakapan yang bisa dijadiin pick up line siapa pun untuk ngobrol sama mantan. Fak! Film ini bagus banget. Asli!

In The Mood For Love (2000)

In The Mood for Love adalah film yang indah dari segi visualnya. Film cinta penuh rahasia dan hasrat yang membara ini membawa kita menyaksikan kisah cinta dua orang yang telah menikah namun kembali jatuh cinta dengan tetangga masing-masing.

Duet Wong Kar Wai dan Christopher Doyle berhasil merekam kisah terlarang tersebut dengan amat romantis. Gambar yang memesona dari tiap-tiap adegannya tidak membutuhkan dialog yang cerewet. Film ini kaya karena scene-scene di dalamnya.

Pengalaman sinematik yang akan membuat elo semua orgasme visual.

Mengapa Film Ini Begitu Relatable:

Siapa pun yang pernah ‘selingkuh’ atau tanpa sadar jatuh cinta dengan seseorang yang telah menjadi milik orang lain pasti akan merasakan emosi yang sama dengan dua tokoh di film ini. Bagaimana segala keterbatasan dan halangan menjadikan kisah cinta kalian lebih menggairahkan dan selalu ditunggu.

Meskipun pada akhirnya, satu sama lain diri kalian tahu bahwa kalian hanya akan menjadi bayangan dan tidak akan pernah menjadi tokoh utama.

Adegan Paling Ngehek:

Gue suka banget adegan saat di taksi dan saat mereka ketemu diam-diam di jalan. Gue bisa ngerasain bagaimana mereka pengen nunjukin ke dunia akan cinta mereka namun semuanya tertahan karena masalah waktu. Mereka bertemu di waktu yang salah.

Quotes Paling Anzeenk!

Saat semua kerahasian itu terlalu sesak, pernah enggak sih elo bertanya-tanya bagaimana cinta itu dimulai? Apa yang elo dapet?

Sakitkah? Bahagiakah? Atau semua bergerak terlalu jauh?

in-the-mood-for-love (2)

One Day (2016)

Satu film rom-com keren lagi dari Thailand berjudul One Day.

Efek menonton film ini tidak kalah luar biasanya dari Hello, Stranger. Dikisahkan seorang karyawan IT cupu jatuh cinta dengan gadis cantik di kantornya. Mereka tidak saling mengenal, namun si karyawan IT cupu ini hafal betul segala hal tentang perempuan tersebut. Tipikal cinta platonik.

Lalu kantor mereka pun berlibur ke Jepang. Nahas buat si perempuan cantik itu yang selama ini menjadi simpanan bosnya, sang istri bos datang berkunjung untuk ikut liburan bersama suaminya.

Kaget dengan situasi yang terjadi, si perempuan cantik itu bermain ski dan kecelakaan. Untung ada si karyawan IT cupu yang creepy itu, yang diam-diam menguntitnya. Saat kecelakaan dia bisa langsung segera ditolong.

Saat dibawa ke rumah sakit, sial sekali si perempuan cantik itu hilang ingatan selama dua puluh empat jam.

Si karyawan IT cupu itu pun merasa ini satu-satunya kesempatan dirinya untuk dekat dengan perempuan cantik itu. Karena keesokannya toh si perempuan itu akan lupa semuanya.

Dari sana lah cerita asik film One Day bergulir. Bagaimana dua orang yang tidak pernah berkomunikasi sebelumnya, pada akhirnya merasakan perasaan hangat yang sama dalam durasi satu hari.

Selama dua puluh empat jam perjalanan mereka menumbuhkan sesuatu yang tidak pernah ditemukan oleh masing-masing dari mereka.

Momen pelepasan si karyawan IT cupu di film One Day benar-benar menyesakkan. Ia merelakan semuanya untuk melihat si perempuan itu bahagia. Pret ah.

maxresdefault

Mengapa Film Ini Begitu Relatable:

YA MENURUT NGANA SIAPA YANG ENGGAK PERNAH JATUH CINTA DIAM-DIAM SIH SAMA ORANG LAIN? YANG NGELIATIN DARI KEJAUHAN AJA RASANYA UDAH CUKUP, KAK.

Adegan Paling Ngehek:

Pas adegan di ending si perempuan itu tahu penyakitnya dan ingin merekam momen terakhir bersama si cowok itu untuk keesokan harinya dapat merasakan sisa-sisa kebahagiannya. Waduh, kak kalau hati ibarat makanan… dipotong kecil-kecil banget itu. Perih.

Taipei Story (1985)

Gue suka banget film dari Taiwan satu ini besutan Sutradara besar Edward Yang. Film Taipei Story merupakan gambaran kisah cinta tragis di sebuah kota besar dengan kompleksitas masalah masing-masing orang di dalamnya.

Dua pasangan yang dulu bersama namun sempat berpisah dan kembali lagi berjanji untuk meninggalkan Taipei dan hijrah ke Amerika. Film ini mampu memberikan gambaran terdekat akan bagaimana dua orang yang saling mencintai ternyata bukan modal yang cukup untuk membuat mereka bisa berakhir bersama.

Prioritas dan kompromi adalah dua hal yang harusnya beriringan dengan cinta yang mereka punya.

Karena, seperti di akhir film Taipei Story ini mereka berdua tidak dapat menemukan apa pun selain kehampaan.

image

Mengapa Film Ini Begitu Relatable:

Ekspektasi adalah momok yang tidak dapat dihindari dari sebuah hubungan. Dan semakin besar ekspektasi tersebut, maka jurang dan cobaan untuk menyelesaikannya pun semakin lebar.

Dan film ini dengan indah juga menyakitkan menggambarkan itu semua. Bagaimana semua harapan pupus akan satu dua keputusan yang menggiring mereka pada kekecawaan panjang yang melukai satu sama lain.

Taipei-Story-1985-Edward-Yang-cov932-e1467380017553

Adegan Paling Ngehek:

Saat Tsai Chin melihat keluar dari sebuah gedung, mengamati jalanan Taipei yang ups and down memberikan perasaan janggal yang menghantui. Dari sana kita dapat merasakan kehilangan dan kekecewaan yang ia simpan sendiri.

Young Adult (2011)

Biasanya dalam film romantic comedy ala Hollywood kita disuguhkan karakter yang lovable gimana gitu ya. Nah, di film Young Adult kebalikannya.

Adalah si Mavis Gary, perempuan manipulatif, pasif agresif, juga nyebelin yang pulang kampung untuk merebut kembali mantan doi pas masa SMA dulu.

Brow, padahal si mantan sudah punya istri dan anak. Dia diundang untuk datang melihat baby shower tapi namanya juga masih cinta, si Mavis ini dengan liciknya membuat bagaimana caranya si mantan balikan lagi sama dia.

Film ini keren banget asli. Elo bisa ngeliat bagaimana posesifnya Mavis yang harus menelan semua gengsi dia untuk bisa kembali ke kota di mana semua lukanya berada.

Mengapa Film Ini Begitu Relatable:

Mavis Gary is my spirit animal. Gue sebenarnya sedang berada di momen seperti dia. Saat masih sesekali ngintip kehidupan si doi yang udah bahagia sama keluarga kecilnya. Saat gue iri dengan doi yang lagi sayang-sayangnya sama anaknya.

Mavis Gary menggambarkan realitas yang enggak berani gue lakuin. Maju kembali melawan masa lalu dan mengejar sesuatu yang dia mau. Tapi emang yang dia lakuin salah sih. Tapi, setidaknya dia menjadi jujur dengan perasaan dia sendiri.

Go Mavis!

Charlize-Theron-Beige-Stam-Quilted-Handbag-by-Marc-Jacobs-in-Young-Adult-Scene

Adegan Paling Ngehek:

Ketragisan dan ironi dalam misi pengejaran Mavis untuk membuat mantannya jatuh cinta lagi  terbongkar dengan fantastisnya. Bahwa fakta mantannya tidak pernah mengundangnya dan malah istrinya lah yang berinisiatif membuat momen gila itu begitu bombastis. Bayangkan, semua khayalan itu rusak dan belum lagi kegilaan yang Mavis buat di tengah acara baby shower dan ditonton satu kampung.

Gokil sih, baru kali ini gue jatuh cinta sama karakter yang rusak dan dibenci semua orang. Tapi, ketika elo pernah berada di posisi Mavis pasti elo akan bersimpati sama doi.

Cinta itu emang berat, Jenderal!

Quotes Paling Anzeenk!

tumblr_ncjjb7BcSL1ru4tifo1_500

Gimana? Kamu masih merasa bahwa ditinggal nikah itu nyakitin? Semoga dengan nonton list film ini ngebuat kamu a lot better ya. Kamu ndak sendirian kok 🙂

Sebenarnya masih ada list film lainnya, gue buat di part 3 kali ya. Ditunggu yaw!

 

Advertisements

2 thoughts on “PART 2: Film Yang Berakhir Ngenes [SPOILER]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s