Review Film Kafir Bersekutu dengan Setan: Gambar Cantik Namun Tanpa Kengerian yang Membekas

Tragedi kisah cinta di masa lalu yang membawa nestapa pada satu keluarga.

Screen Shot 2018-08-31 at 15.40.02

Yang sempat menonton film Kafir tahun 2002 yang diperankan dengan begitu YA ALLAH INI BENERAN APA CUMA FILM DOANG SIH oleh Sujiwo Tejo pasti sudah akrab dengan premis film yang ditawarkan, yaitu seorang dukun yang bersekutu dengan ilmu hitam, meninggal, lalu mayatnya tidak dapat dikuburkan dan membuat resah satu keluarganya.

Kengerian yang ditularkan dari akting Sujiwo Tejo yang begitu nyata atau KELEWAT NYATA dan adegan-adegan mistis yang vulgar, dalam arti begitu mengerikan tanpa filter artistik, membuat film Kafir terdahulu begitu mistis dan traumatis.

Lalu selang enam belas tahun muncul film berjudul hampir sama, Kafir Bersekutu dengan Setan, yang mencoba mengangkat semangat film terdahulu dengan eksekusi yang lebih modern dan artsy.

Jika saja kita tidak melihat film Kafir Bersekutu dengan Setan sebagai film dengan genre horor, semua orang pasti sepakat bahwa gambar-gambar di dalam film ini terekam dengan begitu romantis dan klasik.

Namun, kenyataannya Kafir adalah sebuah film horor karena narasinya yang menggambarkan sebuah teror teluh yang mengoyak keluarga Herman. Diawali dengan kematian Herman secara tiba-tiba ketika makan bersama dengan keluarganya. Lalu teror itu pun dilanjutkan dengan serangan-serangan lain yang tak kalah dahsyat dalam sepanjang film.

Membandingkan film ini dengan Pengabdi Setan dan Sebelum Iblis Menjemput seperti melihat kesamaan pola dalam penceritaan. Terlebih pada pengabdi setan. Kesamaan setting masa lampau, yang katanya 90an namun menurut saya kalau dari fashionnya lebih terlihat seperti tahun 80an dengan pusaran masalah yang terjadi pada sebuah keluarga yang menginfeksi anggota keluarga lainnya.

Tapi harus diakui film Kafir Bersekutu dengan Setan memiliki kehangatan scene yang lebih kekeluargaan dan lokal. Namun sayang dalam jahitan satu babak ke babak yang lain terasa sekali jumping ceritanya yang kurang erat. Apalagi di scene akhir yang satu keluarga Herman duduk menatap senja atau matahari terbit. Duh, kenapa enggak ke kantor polisi atau pulang ke rumah?

Namun harus diakui dalam segi cerita film Kafir lebih matang dibanding pengabdi setan yang banyak bolongnya, di sini dengan solid sang sutradara menyampaikan motivasi masing-masing karakter dengan jelas. Misi balas dendam.

Penampilan Sujiwo Tejo di sini pun masih begitu prima dan membekas, meskipun porsinya hanya sedikit.

Tapi kembali lagi film Kafir mengusung genre film horor yang membuat saya berkespektasi untuk mengalami pengalaman horor yang menakutkan. Tapi sayangnya tidak ada yang terlalu membekas di film ini selain akting Putri Ayudya sebagai Sri yang layak sekali mendapatkan penghargaan setinggi-tingginya. Ketakutan dan kerapuhannya terasa begitu nyata di adegan kamar yang begitu melelahkan.

Scene yang paling keren dari film Kafir ini tentu saja ketika Sri bertemu sang dukun, dengan dominasi warna merah dan api yang menyala-nyala membuat film Kafir tampil sebagai film horor dengan estetika yang berkelas.

Akting, setting, musik, naskah cerita secara keseluruhan film ini ditampilkan dengan sangat layak. Misteri yang ditempelkan dalam film ini meskipun sudah tertebak di awal masih mampu membawa penontonnya untuk ikut berspekulasi.

Sejujurnya saya menyukai pengalaman menonton film Kafir, namun melihat secara keseluruhan cerita dan eksekusinya saya malah melihat film ini cenderung masuk ke genre drama misteri dibanding horor.

Karena sepanjang film saya tidak menutup mata sama sekali.

Author: figurandjakarta

Just a person who love to write when he cannot sleep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s